• Headline News

    Sabtu, 16 Desember 2017

    Negeri Adm Waisalan Gelar Transparansi DD dan Perencanaan 2018


    SBT, Kompastimur.com 
    Kepala Desa Administratif Waisalan, Kecamatan Gorom Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), resmi menggelar Transparansi dan Musyawarah perencanaan Tahun Anggaran 2018. Kegiatan tersebut berlansung pada Jum'at (15/12) di NegeriAdm Waisalan.

    Transparansi dan perencanaan 2018 tersebut, dihadiri lansung oleh Camat Gorom Timur, Abdurahman Damat, Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Administratif Waisalan Jumadi Maba, dan PDTI Gorom Timur Melda Sohilauw, Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Gorom Timur Abdul Manaf Fau dan juga Nurdin Hayoto serta disaksikan oleh seluruh Masyarakat Desa Administratif Waisalan.

    Penjabat Desa Administratif Waisalan, Kariyati Faderubun dalam sambutannya mengatakan, Rapat perdana dalam penyampain transparansi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 2017 dan perencanaan Tahun Anggaran 2018. merupakan bentuk tanggung jawab Pimpinan Desa dalam mentransparansikan semua DD maupun ADD. dirinya lebih lanjut menambahkan, pengelolaan DD dan ADD tersebut bukan untuk kelompok tertentu, namun pengelolaan Anggaran Dana Desa harus tanpa diskriminasi, sehingga seluruh Masyarakat bisa mendapatkan Haknya sebagai warga Desa.

    "Ini Rapat perdana, Pengelolaan dana. DD ini bukan untuk kelompok tertentu, jadi saya berharap kepada seluruh Masyarakat untuk memiliki hak yang sama untuk mendaptkan haknya sebagai warga Desa waisalan. Tanpa bapa ibu, saya tidak bisa melanjutkan pemerintahan ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua mari membangun Desa tanpa diskriminasi,"Ucap Faderubun.

    Sementara itu, PLD Desa Waisalan, Jumadi Maba, mengatakan, Program Pemerintah dalam bentuk Dana Desa yang bersumber dari APBN tersebut diperuntukkan untuk kepentingan dan kesejahteraan Masyarakat, olehnya itu, sebagai Pendamping Lokal Desa yang ditempatkan di Desa Administratif Waisalan hanya bersifat memfasilitasi, selebihnya dikembalikan kepada Masyarakat dan Kepala Desa untuk mengelola. untuk itu dirinya berharap, Masyarakat harus maju, sejahtera, kuat dan mandiri, sehingga diharpakan mengusulkan program pada tahun mendatang harus program terbaik, serta menyatukan presepsi untuk mengelola Dana Desa ini sebaik mungkin demi Kesejahteraan Masyarakat.

    "Ini program pemerintah demi kemakmuran Masyarakat, sebagai PLD, saya hanya membantu memfasilitasi saja, semuanya dikembalikan kepada seluruh msyarakat. Saya berharap Masyarakat harus Sejahtera, maju, kuat dan mandiri. Mari berpikir jernih untuk memnfaatkan dana ini sebaik mungkin demi kesejahteraan. Mari berpikir maju dan menyatuka presepsi dengan mengusulkan yang terbaik di Tahun mendatang demi kesejahteraan Masyarakat,"Kata Maba.

    Dalam kegiatan itu juga Camat Gorom Timur berkesempatan memberikan sambutan singkatnya menjelaskan, Dana Desa yang masuk Kecamatan yang dipimpinnya ditahun 2016 berkisar Rp.14 milyar lebih dan di tahun 2017 ini sudah mencapai Rp.19 milyar, namun selama perjalanan monitoting Dana Desa di Kecamatan Gorom Timur, Banyak Hal yang belum direalisasikan seperti Bumdes. Selain itu, Kepala wilaya Gorom Timur ini menambahkan, cara berpikir Masyarakat sudah harus dirubah untuk berpikir positif, efesien, dan efektif sehingga sasaran terhadap kesejateraan Masyarakat bisa tercapai.

    "Banyak hal yg belum terealisasi seperti Bumdes dan Uang untuk rakyat ini harus  dibangun untuk Rakyat dan kesejateraan Rakytnya. Kita harus merubah cara pikir kita untuk berpikir positif, efesien,efektif sehingga sasarannya kepada kesejahteraan Rakyat.


    Untuk diketahui, program yang diusulkan oleh Masyarakat di Tahun 2018, diantaranya Pemberdayaan untuk Nelayan, jaring, mesin tempel 15 PK dan body fyber 15 Kelompok. Untuk Pemuda, Alat Musik dan kelompok UKM. (KT-FS)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Negeri Adm Waisalan Gelar Transparansi DD dan Perencanaan 2018 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top