• Headline News

    Jumat, 22 Desember 2017

    Kelompok Binaan Solid SBT Produksi Jus Pala


    SBT, Kompastimur.com
    Kelompok Binaan Solid Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Negeri Administratif Tunas dan Ilur telah menuai hasil. Hal ini diungkapkan oleh  Ketua kelompok unit produksi Jus Pala Tunas Ilur Jainab Damat saat ditemui Media ini, beberapa waktu lalu di Negeri Administrasi Tunas Ilur

    Koordinator Kelompok Binaan Solid SBT ini, menjelaskan Program Solid awalnya bergerak dibidang Pertanian yang dimulai dari Tahun 2012, namun tidak menunjukan hasil yang baik dan maksimal, sehingga mulai dari 2016 dirinya beserta Kelompok Solid binaan Ketahanan Pangan SBT ini mulai bergerak diwilayah Produksi Jus Pala. 

    Ditambahkan, hingga 2017 ini kelompok Solid Tunas Ilur sudah 4 kali memproduksi Jus Pala

    "Awalnya pertanian, namun seng (tidak) ada hasil yang maksimal sehingga katong (Kami) beralih ke Pembuatan Jus Pala,"Kata Damat.

    Lebih lanjut Damat mengatakan, untuk pembuatan Jus Pala ini, tergantung besaran Pala, dirinya mencontohkan, Pala jenis ukuran besar kurang lebih 10 Buah Palah dengan berat 1 Kg, dan dalam memproduksi Jus Pala, pihak kelompok Solid ini mengumpulkan daging Pala hingga 20 Kg, dari 20 Kg daging Pala tersebut dapat mengasilkan Jus Pala kurang lebih 60 Liter.

    "Dari 20 Kg daging Pala katong (Kami) bisa dapat 60 Liter Jus Pala. Prosesnya masih alami,"Ucapnya.

    Ketika ditanya singgung mengenai peralatan, dirinya menambahkan, semua Alat yang diperuntukan untuk pembuatan Jus Pala tersebut sudah ada, namun sampai saat ini dirinya beserta Anggota Kelompok Jus Pala binaan Solid tersebut belum mencobanya.

    "Alat semunya sudah ada namun sampai sekarang katong (Kami) belum Coba,"Ucapnya sambil menunjukan mesin-mesin yang ada didalam Ruangan (tempat pembuatan Jus Pala)


    Untuk diketahui, Hasil dari Kelompok Solid yang bergerak pada pembuatan Jus Pala di Tunas Ilur Kecamatan Gorom Timur, telah menampilkan hasil Produksinya pada  Festival Kataloka yang dilaksanakan pada beberapa minggu Lalu dengan kualitas rasa yang sama dengan Jus Pala di Daerah lain. Olehnya itu, Pemerintah Daerah diharapkan dapat menjadikannya sebagai komoditas unggulan di Daerah. (KT-FS)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kelompok Binaan Solid SBT Produksi Jus Pala Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top