• Headline News

    Friday, December 22, 2017

    Herdy Rumbewas : Penghujung Tahun, Polda Papua Barat Tumpul Berantas Korupsi



    Manokwari, Kompastimur.com
    Pemerhati Hukum Papua Barat Herdi Rumbewas mendesak, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja agar menyelesaikan beberapa persoalan kasus korupsi yang mandek.

    “Ada sejumlah kasus seperti dugaan korupsi pembangunan jalan lingkar Waigio,  Normalisasi kali di Waisai Raja ampat dan juga indikasi penyalahgunaan APBD Raja Ampat yang sejauh ini tengah di tangani Polda Papua Barat ” Kata Herdi kepada wartawan pada saat jumpa Pers, Kamis (21/12)

    Dirincikan,  indikasi korupsi  proyek pembangunan jalan lingkar Waigeo tahun 2013 dan 2015 yang bersumber dari APBN sebesar Rp 100 Miliar lebih. Proyek itu diindikasikan tidak melalui proses lelang tender secara terbuka, melainkan penunjukan langsung.

    Dia juga mengindikasikan adanya kerugian negara sebesar Rp 3,5 Miliar lebih atas pengerjaan proyek normalisasi kali di Waisai, Kabupaten Raja Ampat tahun anggaran 2016 yang bersumber dari APBN.

    “Ini sudah masuk penghujung Tahun tetapi nyatanya Polda Papua Barat tumpul memberantas Korupsi di Wilayah ini " Ujar Herdy

    Pengelolaan APBD 2016  Kasus terkait Sound sistem di Fakfak tersangkanya sudah ditahan  tersangka sudah ditahan. Sedangkan itu, Mantan Bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw belum juga ditahan terkaitndugaannkorupsi pengadaan kapal LCT.

    “Kami sebagai penegak hukum menilai kasus ini ada kejangalan. dan sudah kita duga ada tebang pilih darinkepolisian menangani kasus." Katanya

    Lebih lanjut kata Dia,  beberapa kasus korupsi yang melibatkan pejabat negara yang terkesan tebang pilih, dimana dalam penanganan kasus korupsi yang melibatkan Bupati Fakfak Mohammad Uswanas dan mantan Bupati Sorong Selatan Otto Ihalauw.

    Dia mempertanyakan sikap Polda Papua Barat dalam penanganan dua kasus tersebut, dimana penanganan kasus itu, telah ditetapkan tersangka, namun hingga kini, kedua kasus itu terkesan tidak ditindaklanjuti.

    “Padahal kita sudah menyurati ke Polda Papua Barat. Surat tersebut sudah tiga kali. Namun hingga saat belum ada respon,  dia berharap agar  kasus korupsi yang ditaganinya harus segera diselesaikan jangan sampai  tidak ada kepercayaan masyarakat terhadap polri,” ujar Herdy. 


    Pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada Polda Papua Barat.Kami sangat, mendukung langkah Polda Papua Barat untuk dapay mengungkap kasus-kasus korupsi yang berada di Provinsi  Papua Barat memberantas korupsi merupakan tanggung jawab semua pihak tetapi pelaksanaan adalah para penegak hukum Kepolisian. (KT-ARA)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Herdy Rumbewas : Penghujung Tahun, Polda Papua Barat Tumpul Berantas Korupsi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top