• Headline News

    Senin, 04 Desember 2017

    DPRD Tantang Ombudsman Buktikan Temuan Soal Pungli Diruang Bersalin RSUD



    Manokwari, Kompastimur.com 
    Anggota DPRD Kabupaten Manokwari Imam Muslih meminta Ombudsman Perwakilan Papua Barat memberikan bukti-bukti terkait temuan dugaan pungli di ruangan bersalin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Manokwari. 

    " Kalau memang ada bukti terkait pengaduan Masyarakat kepada Ombudsman tolong di buktikan dan harus laporanya masuk ke Pemerintah Daerah termasuk kami di DPRD " Kata Anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera Imam Muslih saat di temui di Manokwari. 

    Di sisi lain Muslih merasa secara kelembagaan pihaknya belum mendapat laporan resmi terkait dengan temuan dari Ombudsman menyangkut dugaan pungli,  hal ini kata dia akan lebih baik pihak ombudsman memberikan laporan agar pihaknya bisa menindak lanjuti. 

    "Kalau laporanya sudah masuk ke kami tentu kami bisa tindak lanjuti." Ujarnya. 

    Masalah pelayanan yang terhambat akibat pemalangan kata Anggota DPRD ini sudah beberapa kali tenaga medis mengalami intimidasi tekanan bahkan lebih banyak persepsi buruk.

    " Jadi Masyarakat tidak hanya melihat masalah ini hitam putih,  sebab mereka juga memberikan kontribusi melalui kinerja " Kata Imam Muslih

    Dia bahkan mendorong agar kalau memang ada hal-hal yang tidak tepat alangkah baiknya di tempuh melalui jalur Hukum misalkan pengaduan kepada Ombudsman namun di sertai dengan bukti-bukti. 

    " Saya minta agar pemalangan diruang bersalin itu di hentikan dulu sebab ini menyangkut pelayanan " Ujarnya. 

    Sementara Anggota Ombudsman Papua Barat Yules Rumbewas dikonfirmasi terpisah melalui telepon seluler menegaskan bahwa temuan terkait dugaan pungli di ruang bersalin itu ada bukti dan berdasarkan fakta di lapangan

    " Temuan itu adalah fakta di lapangan,  jangan jadikan pemberitaan di media sebagai alasan itu keliru,  sebab tugas utama mereka adalah pelayanan kepada masyarakat " Kata Yules Rumbewas

    Harusnya pihak RSUD menerima masukan itu sebagai otokritik untuk memperbaiki pelayanan. Ombudsman meminta kepada Bupati agar mengganti petugas kesehatan yang melakukan aksi pemalangan terhadap objek vital seperti di RSUD Manokwari. 

    " Kita minta Bupati mengganti semua petugas yang melakukan aksi pemalangan,  Bupati harus tegas kalau bisa menarik kembali letugas di Puskesmas untuk menggantikan mereka yang menghalangi pelayanan" Tegasnya

    Dia mengungkap bahwa Bupati mengganti petugas medis di rumah sakit itu juga penting agar ada penyegaran dalam pelayanan terutama para petugas bersalin yang di RSUD Manokwari bukan hanya direkturnya. 

    " Kalau petugas bersalin di tempatkan lama di Rumah Sakit hal itu berdampak juga pada penyalahgunaan " Kata Rumbewas. 

    Dia menegaskan tindakan petugas bersalin di RSUD melakukan aksi pemalangan ruangan bersalin itu juga merupakan tindakan mal administrasi sebab mereka mengabaikan pelayanan kepada Publik.

    " Jangan kemudian menghindar dengan aksi pemalangan itu sebab kalau kita buka-bukaan kami bisa menghadirkan korban sebab kebiasaan ini sudah terjadi sejak lama, kita punya keluarga juga sebagai korban 

    Rumbewas membeberkan kaitanya dengan temuan Ombudsman mengenai jual beli Pempers di butuhkan saat pasien mengalami pendarahaan tidak di sediakan dalam pelayanan, di duga di setting untuk masuk dalam pungutan liar

    " Yang terjadi di Rumah Sakit Itukan di Setting sebenarnga karena tidak berdasarkan aturan kemudian hal ini menjadi kajian yang kita sampaikan sebagai saran untuk perbaikan " Ujar Yules. 

    Sebagai Komisionet Ombudsman beralasan hasil ini tidak di sampaikan kepada tim Saber Pungli sebab hal ini hanya sebatas kajian. Namun kata dia di Tahun 2018 mendatang pihaknya berjanji jika di temukan lagi praktek seperti itu maka tim Saber pungli melakukan penindakan.


    Sementara pantauan Media ini di RSUD Manokwari Sabtu (2/12) terlihat palang yang dilakukan petugas Medis sudah di buka,  akses layanan masyarakat kembali normal seperti aedia kala. (KT-ARA) 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: DPRD Tantang Ombudsman Buktikan Temuan Soal Pungli Diruang Bersalin RSUD Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top