• Headline News

    Monday, November 27, 2017

    Polda Gandeng LMA Salurkan Bantuan Usaha Kepada Warga


    Manokwari, Kompastimur.com
    Direktorat Binmas Polda Papua Barat menggandeng Lembaga Masyarakat Adat (LMA)  Papua Barat menyalurkan bantuan berupa Gerobak, Drum dan Parang kepada 6 kelompok usaha kecil di sekitaran Amban Flamboyan. 

    Ketua LMA Papua Barat Napoleon Fakdawer mengatakan sebagai bentuk kepedulian Polda Papua Barat terhadap masyarakat, pemberian bantuan ini dimaksudkan agar membantu warga dalam mengembangkan usaha ternak Babi.

    "Setelah kita melakukan survei pada kelompok usaha warga, ada hal menarik bagi kita yakni kelompok usaha ini membuat fermentasi pakan Babi, ini progres agar menjadi pembelajaran bagi yang lain," kata Napoleon Fakdawer.

    Respon yang diberikan kepada warga dalam bentuk bantuan ini diharapkan bisa membantu agar warga memperoleh fasilitas dalam mengembangkan usaha kreatif. 

    "Jangan lihat pemberian ini dari nilainya tetapi sesungguhnya bantuan ini semata-mata kita harapkan bermanfaat," ujar Fakdawer. 

    Sementara Pembimbing Kelompok Usaha Falmboyan Terpadu Fredrik Rumbiak menuturkan, usaha pembuatan pakan frementasi ini awalnya dijalani dengan keterbatasan yang dimiliki mengingat dia melihat warga yang dibina memiliki potensi yang cukup baik. 

    Sembari memberikan pendampingan akhirnya bisa diproduksi pakan fermentasi dari batang pisang, hasilnya bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. 

    "Dengan usaha ini kita kemudian di minta oleh Dinas Pemberdayaan Provinsi di beberapa kesempatan melibatkan kita sebagai narasumber dalam memberikan pelatihan," kata Fredrik Rumbiak. 

    Dia mengaku sangat berterima kasih atas dukungan bantuan yang diberikan oleh Kapolda Polda Papua Barat yang disalurkan melalui LMA. 

    "Menurut saya selama saya mendampingi warga baru kali in kami merasakan bantuan langsung dari Kepolisian,  kami sangat berterima kasih, sebab selama ini orang lihat Polisi langsung hilang," ujar Fredrik. 

    Dia menyambut baik kemitraan yang di bangun oleh pihak kepolisian dengan peternak di Kelurahan Amban.

    Fredrik bahkan mengajak agar kedepan pihaknya bersama dengan Polisi turun langsung ke lapangan menyaksikan antusias warga dalam mengelolah pakan Babi hasil frementasi. 

    Penyerahan bantuan ini diserahkan oleh Kompol. Usman Saleh mantan Kapolsek Amban yang kini di Direktorat Binmas Polda Papua Barat dan dihadiri oleh ketua kelompok dari masing-masing 6 Kelompok usaha penerima bantuan. (KT-AR)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polda Gandeng LMA Salurkan Bantuan Usaha Kepada Warga Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top