• Headline News

    Rabu, 29 November 2017

    Pasca Longsor Jalan Negara Poros Makale – Mamasa Normal Kembali


    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Setelah 2 hari putus total jalan poros Makale – Mamasa akibat tertutup longsor yang terjadi pada hari Sabtu (25/11) dengan panjang 70 meter dan tingginya kurang lebih 50 meter tepatnya di Lembang Paku, Kecamatan Masanda, Senin sore (27/11/17) normal kembali.

    Jalan yang tertutup longsor yang mengakibatkan satu unit kendaraan roda empat tertimbun material longsor itu, dapat normal kembali atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan PPK Satker X P2JN Ibu Andi Wahida Tantu, ST,yang memimpin langsung kegiatan di lokasi longsor dengan menurunkan dua unit Exavator untuk membuka akses Jalan Poros Tana Toraja - Mamasa akibat terjadi longsor berapa waktu lalu.

    Petugas dari P2JN, BPBD, TNI, Polri, bersama masyarakat mulai jam 10 pagi hingga pukul 18 wita, terus berupaya membuka akses jalan yang terputus akibat tertimbun material tanah longsor, Tak ketinggalan pula petugas dari PLN ranting Makale langsung melakukan penggantian tiang yang rubuh dan patah akibat terjangan longsor yang tejadi pada malam hari, Sabtu (25/11) lalu.

    Andi Wahida Tantu, ST awak media kami temui di lokasi mengatakan bahwa Toraja sangat rawan dengan longsor karena berada pada daerah pegunungan, apalagi karena curah hujan disini sangat tinggi sehingga sangat berpotensi terjadi longsor dengan tiba-tiba, oleh sebab itu dirinya berharap kepada setiap pengguna jalan, khususnya  yang melewati jalan poros Makale-Mamasa karena jalannya melalui bukit dan lembah yang agak curam agar senantiasa mewaspadai lonsor susulan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

    Welem Sambolangi, Ketua DPRD Tana Toraja yang sejak dari jam 10 pagi berada di lokasi longsor yang ikut memantau dan bergotong-royong bersama warga membersihkan material longsor, menyampaikan bahwa akses jalan poros Makale-Mamasa mulai normal kebali sejak pukul 18.00 Wita, aksi ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara PPK Satker X P2JN dengan  Pemda Tana Toraja melalui BNPB Tana Toraja, juga bantuan pengamanan dari pihak

    Koramil dan Kapolsek Saluputti, juga warga masyarakat Masanda Ada dua unit eskavator dikerahkan dan bekerja mulai jam  10.00 hingga pukul 18.00 Wita.

    “Atas nama masyarakat Masanda dan Tabang Mamasa selaku pengguna jalan utama poros Makale-Mamasa, menyampaikan terima kasih kepada Andi Wahida Tantu, ST.beliau adalah PPK-Satker X P2JN, Pemkab Tana Toraja melalui BNPB, PLN, Danramil dan Kapolsek Saluputti yang telah membantu masyarakat dalam membuka akses jalan itu lagi, sehingga kegiatan masyarakat dapat berjalan normal kembabali,” kata lelaki asal Masanda itu.

    Lebih jauh Welem, meminta kepada masyarakat yang hendak melalui akses jalan poos Makale - Mamasa agar lebih berhati-hati karena kondisi longsor masih dapat membahayakan.

    "Saya minta warga yang hendak melintas agar lebih berhati-hati apalagi yang melintas pada malam hari," pinta Mantan Kades Belau itu. (KT-MZT)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pasca Longsor Jalan Negara Poros Makale – Mamasa Normal Kembali Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top