• Headline News

    Minggu, 26 November 2017

    Banjir Rendam Rumah Warga di Kota Namlea


    Namlea, Kompastimur.com
    Hujan deras yang berlangsung Minggu (26/11) siang, mengakibatkan banjir dan air menggenangi rumah warga pada beberapa titik di Kota Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

    Dari pantauan Wartawan Kompastimur.com, terjadi genangan pada beberapa titik di Kota Namlea, antara lain di pemukiman warga di dekat SMAN 2, di kompleks belakang SDN unggulan, di Kampung Lama, di Belakang Telkom dan di Bandar Angin.

    Saat hujan mulai reda di sore hari, genangan air yang masih terlihat hanya di dua titik, yakni di kawasan Bandar Angin dan di Belakang SDN unggulan.

    Bahkan banjir di kawasan Bandar Angin ikut meluap sampai di jalan hotmix setinggi lutut orang dewasa.

    Pasca terjadinya hujan dan genangan air tadi, Wakil Ketua DPRD Buru, Djalil Mukaddar ikut turun ke lokasi bencana.

    Ia menyaksikan langsung luapan air di Bandar Angin yang masuk di pemukiman warga pada daerah paling rendah.

    "Air hujan semua tertampung di bagian yang paling rendah. Air tak bisa lagi mengalir ke tempat lain akibat tak ada saluran drainase," kata Djalil.

    Genangan air yang berulang kali terjadi setiap musim hujan ini sangat memprihatinkan wakil rakyat dari Partai Kebangkitan  Bangsa ini.

    Ia langsung mengontak dua pimpinanan SKPD, Kadis PU Buru Sifa Alattas dan Kepala BPBD Buru Hadi Zulkarnaen.

    Ia meminta agar kedua pimpinan SKPD ini lebih serius mengatasi masalah genangan air hujan di pemukiman warga ini.

    "Ini kan sudah berulang kali terjadi. Jangan berpura pura tidak tahu dan pimpinan SKPD yang bertanggungjawab bersikap masa bodoh," sayangkan Djalil.

    Atas nama wakil rakyat dan pimpinan DPRD, Djalil mengaku sudah meminta keseriusan dua pimpinan SKPD tadi, agar membicarakan hal  ini.  Harus segera diatasi.

    "Tahun 2018 sudah harus dianggarkan dalam batang tubuh APBD untuk buat saluran drainase yang memadai di lokasi tadi. Kita di DPRD, termasuk tiga pimpinan dewan siap back up," tegas Djalil.

    Sementara itu, Kepala BPBD Buru, Hadi Zulkarnaen menjelaskan, masalah saluran drainase di Bandar Angin itu menjadi kewenangan Dinas PU Buru.

    Pihaknya juga ikut menalangi beberapa proyek drainase dalam kota yang bermuara sampai ke laut. Misalnya di kawasan jalan baru menuju Jikukecil.

    Namun, kata Hadi selalu saja ada kendala di lapangan.

    "Saluran di kiri kanan jalan yang kita kerjakan ada yang mengklaim sebagai pemilik tanah dan menuntut ganti rugi," kata Hadi.(KT-10)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Banjir Rendam Rumah Warga di Kota Namlea Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top