• Headline News

    Tuesday, October 24, 2017

    Indira Gigih Masyarakatkan Tenun Lontara


    Makassar, Kompastimur.com
    Ketua Tim Penggerak PKK yang merupakan Istri Walikota Makassar, Indira  Yusuf Ismail terkenal sebagai  sosok yang gigih dalam memperjuangkan  sesuatu. 

    Seperti  saat Indira menunjukkan keteguhannya untuk memasyarakatkan tenun lontara di Kota Makassar. Dalam berbagai kesempatan Indira selalu berusaha mengingatkan masyarakat akan pentingnya memiliki keahlian utamanya dalam mengembangkan Tenun Lontara.

    Menurut Indira,  Tenun Lontara harus menjadi ciri khas Kota Makassar. Tenun Lontara harus dijaga sebagai bentuk penghargaan dan rasa cinta terhadap budaya lokal.

    Dalam kegiatan pelatihan Tenun Lontara yang digelar oleh Dinas Perdagangan,  Indira berharap agar tenun menjadi bagian dari budaya Kota Makassar.

    "Saya berharap kita bisa sebar di lorong-lorong. Sehingga ibu ibu di lorong memiliki kemampuan untuk berkarya secara kreatif untuk mengembangkan Tenun Lontara.  Harapannya jika ada tamu yang memesan Tenun Lontara tidak perlu dipesan dari wilayah lain," ujarnya.

    Pada pelatihan yang digelar bagi 7 kecamatan tersebut  Indira berharap hasil karya  para peserta pelatihan dapat menjadi cikal bakal untuk menciptakan karya yang  membanggakan.

    "Saya sudah bincang-bincang dengan bapak.  Bahwa kita yang akan gunakan sendiri.  Kemudian kita perkenalkan keluar negeri karena kita punya banyak sekali undangan  keluar  negeri.  Kita akan bawa sebagai buah  tangan  untuk mereka," katanya.

    Kepada peserta pelatihan Indira juga berpesan agar selama  pelatihan, para peserta benar-benar menyerap ilmu yang diberikan agar segera dapat dipraktekkan dalam bentuk usaha di rumah.

    "Pelatihannya kan ada satu bulan. Semoga bisa menjadi bekal untuk membuka peluang usaha sendiri.  Baik perorangan atau berkelompok," katanya. (KT-rls)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Indira Gigih Masyarakatkan Tenun Lontara Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top