• Headline News

    Thursday, August 31, 2017

    LSM Kalesang Lingkungan Resmi Terbentuk Di SBT

    Bula, Kompastimur.com
    LSM Kalesang Lingkungan Maluku yang bergerak di wilayah advokasi masalah-masalah lingkungan serta masalah sosial lainnya, kini resmi terbentuk di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

    Hal ini diungkapkan oleh Ketua LSM Kalesang Lingkungan Provinsi Maluku Costansius Kolatfeka yang didampingi oleh Ketua LSM Kalesang Lingkungan SBT, Abdul Samad Rumabalifar kepada media ini di Bula, Rabu (30/8).

    Kolatfeka mengatakan, tujuan LSM Kalesang hadir di Kabupaten SBT dengan tujuan, ikut serta membantu Pemerintah Daerah dalam segala hal, diantaranya masalah pariwisata, masalah lingkungan, masalah air bersih dan lain-lain.

    Selain itu, hadirnya LSM Kalesang Lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang aman, bersih dan berkelanjutan, dengan harapan masyarakat harus tinggal dengan nyaman di lingkungan tersebut.

    "Terbentuknya LSM Kalesang Lingkungan ini untuk membantu mensukseskan program-program Pemerintah Daerah, terutama masalah lingkungan, pariwisata dan kebutuhan air bersih. Kalesang akan ikut membantu membuka akses," kata Kolatfeka.

    Ditempat yang sama, Ketua LSM Kalesang Lingkungan SBT, Abdul Samad Rumbalifar mengatakan, langka awal menyongsong Tour De Molucca yang merupakan ajang internasional ini, pihaknya akan melakukan Gerakan Bersih Lingkungan di Kota Bula sebagai bentuk pesan moral bahwa lingkungan harus bersih dan berkelanjutan.

    Selain itu, Kalesang Lingkungan SBT akan menggelar penanaman manggrove di Desa Bula Air dengan melibatkan semua pihak.

    "Insya Allah menjelang Momentum Internasional ini, kami akan gelar  gerakan bersih-bersih Kota Bula sebagai pesan moral bahwa lingkungan harus bersih dan bekelanjutan dengan melibatkan semua pihak karena ini merupakan tanggungjawab kita semua," kata Rumbalifar.

    Selain itu, masalah ilegal loging di SBT merupakan prioritas LSM Kalesang Lingkungan untuk turut mengawal sehingga hutan di daerah ini bisa terselamatkan. Karena SBT merupakan salah satu daerah dengan kasus ilegal loging terbesar di Provinsi Maluku.

    "Kalesang akan mengawal masalah Ilegal Loging di daerah ini, serta aktivitas masyarakat yang tidak ramah lingkungan," imbuhnya.

    Berdasarkan data yang dimiliki LSM Kalesang Maluku, dari total 198 Desa dan Negeri di Kabupaten SBT, 53 desa diantaranya belum menikmati air bersih dengan baik, sehingga ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah serta seluruh elemen Masyarakat di daerah ini, termasuk LSM Kalesang Lingkungan Maluku. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: LSM Kalesang Lingkungan Resmi Terbentuk Di SBT Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top