• Headline News


    Sunday, June 25, 2017

    Ribuan Orang Hadiri Sholat Ied, Gubernur Maluku Himbau Masyarakat Jaga Perdamaian


    Ambon, Kompastimur.com
    Pelaksanaan Sholat Ied 1 Syawal 1438 Hijriah yang dipusatkan di Mesjid Raya Alfatah Jln. AM Sangadji Ambon, Minggu (25/6) dibanjiri oleh ribuan orang yang memadati sepanjang jalan AM Sangadji hingga Jln AY Patty.

    Sholat Ied berlangsung mulai pukul 07.00 WIT hingga pukul 09.00 WIT dan turut dihadiri oleh pejabat-pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku seperti Gubernur Maluku Said Assagaff, juga pejabat TNI/Polri seperti Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, Kapolres Pulau Ambon dan P.P Lease AKBP Sucahyo Hadi, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Dantamal IX Ambon Laksanamana Pertama Nur Singgih Prihartono.

    Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutan mengatakan pelaksanaan hari Raya Idul Fitri yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di Maluku hendaknya direnungi sebagai moment penyucian diri dari segala tindakan-tindakan yang tidak berahklak serta membuka diri untuk saling memaafkan kesalahan dalam membina kerukunan dan kebersamaan dalam bingkai persaudaraan di Maluku.

    “Bagi semua masyarakat Muslim di Maluku yang hari ini merayakan hari raya Idul Fitri untuk sama-sama saling mamaafkan dan bergandengan tangan satu sama lain, bakukele agar daerah Maluku dapat dijadikan sebagai teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Assagaff.

    Lanjut Assagaff, sebagai daerah yang dikenal sebagai Laboratorium Perdamaian Dunia, daerah Maluku juga menjadi pilar utama toleransi kehidupan beragama yang menjadikan Maluku sebagai karakteristik daerah multi etnik yang aman dan nyaman bagi sesama pemeluk agama.

    “Momentum perayaan Idul Fitri hendaknya terus dimaknai sebagai ajang untuk terus menjaga kerukukan dan kedamaian diantara sesama pemeluk agama yang tidak hanya dilakukan di kalangan umat Muslim saja, namun juga dilakukan kepada pemeluk-pemeluk agama yang lain di Maluku. Jaga dan terus lestarikan kehidupan beragama yang rukun dan damai dengan sesama masyarakat di Maluku. semoga perayaan Idul Fitri ini dapat menjalin kerja sama yang rukun diantara sesama pemeluk agama di Maluku,” harapnya.

    Sementara itu, kepada wartawan saat ditemui seusai perayaan Sholat Ied, Assagaff turut menghaturkan terima kasih kepada para tokoh-tokoh agama yang mana sejak memasuki Bulan Suci Ramadhan bersama-sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku memperlihatkan kebersamaan dalam agenda-agenda keagamaan yakni dengan membantu pihak pengamanan dalam memperlancar jalanya pelaksanaan malam takbiran.

    “Untuk itu, Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku, dengan perayaan Idul Fitri ini kita sudah meraih kemenangan, sehingga masyarakat Maluku terus menjaga kebersamaan diantara satu agama dengan agama yang lain,” tuturnya. (KT-DS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ribuan Orang Hadiri Sholat Ied, Gubernur Maluku Himbau Masyarakat Jaga Perdamaian Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top