• Headline News

    Saturday, April 29, 2017

    Adanya Pungli Discapil SBB, Ini Komentar GPII SBB

    Piru, Kompastimur.com 
    Maraknya dugaan pungutan liar (pungli) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sangatlah disayangkan oleh Ketua Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Kabupaten SBB Darto Al Banna.

    Dugaan pungli yang dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Capil Kabupaten SBB yang berinisial OH itu dilakukan dengan meminta pungutan kepada WJL pembuat E- KTP dan Akta Kelahiran dengan besaran pungutan E-KTP sebesar Rp. 200.000 dan Akta Kelahiran sebesar Rp. 300.000 sangatlah mencekik WJL tersebut.

    “Tindakan oknum PNS Disdukcapil Kabupaten SBB berinisial OH kepada WJL dengan meminta pungutan E-KTP sebesar Rp. 200.000 dan Akta Kelahiran sebesar Rp. 300.000 itu sangat mencekik pemilik pembuat E- KTP dan Akta Kelahiran tersebut," kata Darto Al Banna kepada Kompastimur.com di Piru, Kamis (27/4).

    Akibat pungli yang dilakukan oleh OH tersebut, WJL pun terpaksa harus menjual HP miliknya guna mendapatkan sejumlah uang guna memenuhi pungutan yang diberlakukan oleh OH tersebut.

    Padahal, masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa itu harusnya bisa mendapatkan berbagai pelayanan hingga mendapatkan KTP dan Akta Kelahiran secara gratis di Disdukcapil Kabupaten SBB tanpa adanya pungutan, alias gratis.

    “Harusnya itu gratis. Tetapi yang terjadi, adanya pungli dan WJL kini sudah membayar sebesar Rp. 400.000 kepada OH untuk mendapatkan E-KTP dan Akta Kelahiran,” beberanya.
    Terkait itu, dirinya meminta dan mendesak pihak terkait dan tim Siber Pungli untuk segera menertibkan oknum PNS yang mempraktekan praktek-praktek Pungli seperti itu.

    “Praktek-praktek pemerasan yang dilakukan terhadap masyarakat ini sangat memprihatinkan tentunya. Sebab, yang terjadi, jika tak ada uang pelicin, maka masyarakat pun terkadang merasakan pelayanan yang berbelit-belit dan selalu dipersulit,” ungkapnya.


    Olehnya itu, dirinya meminta meminta agar pihak Komisi C DPRD Kabupaten SBB yang memiliki mitra kerja dengan Disdukcapil untuk segera menindaklanjuti dan memanggil Kepala Disdukcapil Kabupaten SBB Dominggus Ahiyate untuk melakukan evaluasi terkait adanya pungli yang dilakukan oleh oknum PNS yang tidak bertanggung jawab di dinas yang dipimpinnya itu. (KT-MFS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Adanya Pungli Discapil SBB, Ini Komentar GPII SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top