• Headline News


    Friday, December 30, 2016

    KM Karamando Tenggelam, 4 Orang Tewas

    (Ilustrasi)
    TERNATE, KT 
    KM Karamando yang berlayar dari Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate menuju Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis 29 Desember 2016 tenggelam di perairan depan Desa Tauro, Jailolo Selatan dan mengakibatkan empat penumpangnya tewas.

    "Empat penumpang dinyatakan tewas di antaranya Rizal Rikumahu (54), Syaika (8), Monika Tude (60), dan Yuyuk (30)," kata Kepala Pos Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate, Haris di Ternate.

    Dia mengatakan, kapal nahas tersebut, sesuai daftar manifes, membawa 60 penumpang, terdiri atas 50 orang dewasa dan 10 anak, serta 4 anak buah kapal.


    Sesuai jadwal, kapal itu seharusnya tiba di pelabuhan Jailolo dengan waktu 2 jam setelah bertolak dari pelabuhan Dufa-Dufa.


    Dalam pelayaran, kapal itu mengalami kebocoran lambung akibat dihantam ombak besar yang mencapai 4-5 meter, kemudian tenggelam sekitar pukul 8.30 WIT.


    Seluruh jenazah korban tewas telah dievakuasi ke RSUD Jailolo untuk diidentifikasi, begitu pula korban selamat. Hingga kini, Basarnas dan Polisi Perairan Polda Maluku Utara masih terus melakukan pencarian karena diduga masih terdapat korban lain yang tak tercatat dalam manifes penumpang.


    Sementara itu, Kepala Basarnas Ternate Mustari mengatakan, jumlah penumpang dan ABK sebanyak 74 orang dan jumlah itu berbeda dengan jumlah data yang terdaftar di menifes. Karena data menifes sebanyak 50, sedangkan data dari BPBD Halmahera Barat 74 orang.


    Dia menambahkan, sebanyak 70 penumpang sudah dievakuasi dan saat ini sedang dirawat di RSUD Jailolo.


    "Baru empat korban tewas berhasil ditemukan dan penumpang yang sudah berhasil dievakuasi saat ini baru 70 orang, sisanya masih dalam pencarian tim di lapangan," kata Mustari.


    Jenasah Rizal Rikumahu langsung dibawa keluarganya dari Jailolo ke Ternate, dan rencananya dikebumikan Jumat 30 Desember 2016 pagi di Pekuburan Islam Ternate. (KT-PR)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KM Karamando Tenggelam, 4 Orang Tewas Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top