• Headline News

    Sunday, October 23, 2016

    Desa Gusalaut Patut Jadi Contoh Dalam Transparansi Pengelolaan Anggaran Dana Desa

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN BAKAL PASANGAN CALON DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BURU SELATAN TAHUN 2020
    Download / Preview

    SBT, KT
    Gusalaut merupakan salah satu dari total 198 Desa di SBT yang terletak di Kecamatan Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur patut di contohi oleh semua desa di Seram Bagian Timur dalam transparansi pengelolaan dana desa, karena Pejabat Desa Gusalaut M. Saleh Rumaratu berani mempublikasikan grafik pengelolaan dana desa ke publik. 

    Hal ini merupakan salah satu bentuk sikap pemimpin yang patut di contohi oleh semua Pejabat-Pejabat Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur karena sikap ini sesuai dengan Juknis.

    Menanggapi sikap Pejabat Desa Gusalaut yang luar biasa ini mendapat tanggapan dari salah satu aktivis asal Kabupaten Seram Bagian Timur Musa Fesanlau yang dengan tegas mengatakan apa yang di tunjukan oleh Pejabat Gusaluat merupakan satu langka maju yang di tunjukan oleh Rumaratu sebagai Penjabat Desa di Gusalaut dalam konsep pengelolaan dan transparansi.

    "Sikap Penjabat Gusalaut ini patut di beri apresiasi oleh masyarakat dan hukumnya wajib untuk di contohi oleh seluruh kepala-kepala Desa dan para Penjabat Desa di daerah ini, sehingga seluruh rakyat bisa tahu tentang total dana desa yang di terima oleh desanya masing-masing,"kata fesanlauw kepada Kompas Timur.

    Selain itu aktivis liga mahasiswa nasional untuk Demokrasi (LMND) Seram Bagian Timur ini mengatakan pihaknya selalu menghimbau kepada seluruh rakyat SBT untuk mengawal Dana Desa seperti yang pernah di muat oleh Kompas Timur beberapa hari yang lalu. Karena Dana Desa ini kalau di gunakan sebaik mungkin dan tepat guna maka masyarakat di seluruh desa bisa sejahtera.

    "Kalau Dana Desa di kelola dengan baik maka rakyat pasti sejahtera, apalagi di fokuskan ke pemberdayaan maka secara otomatis perputaran uang di tingkat desa bisa berjalan dengan baik,"katanya

    Selain ini, aktivis LMND SBT yang selalu konsen melakukan pengawalan terhadap penggunaan dana desa kembali mengingatkan Pemerintah Daerah agar ke depan Pemerintah Daerah tidak boleh mengendapkan Dana Desa kembali seperti yang terjadi di tahun 2016. 

    “Saya berharap Pemerintah bisa menaruh perhatian khusus terhadap Proses pencairan Dana Desa, dimana setelah pemindahan dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Daerah semestinya paling lambat satu minggu semuanya sudah harus di cairkan agar proses pembangunan di tingkat Desa bisa berjalan dengan baik” harapnya. (KT-FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Desa Gusalaut Patut Jadi Contoh Dalam Transparansi Pengelolaan Anggaran Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    loading...
    Scroll to Top